Cegah Corona, Unusa Terapkan Kuliah Daring

KBRN, Surabaya : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) meliburkan mahasiswa selama satu minggu mulai tanggal 17 hingga 21 Maret 2020. Berdasarkan surat edaran rektor dengan nomor 539/UNUSA.B/Adm.I/III/2020 tentang kesiapsiagaan dan pencegahan penyebaran corona virus disease (Covid-19) dilingkungan Unusa.

Direktur Akademik dan kemahasiswaan (AKMAWA) Unusa, Umdatus Soleha M.Kes menjelaskan, selama satu minggu mahasiswa Unusa dari berbagai macam prodi diliburkan. Selain itu Unusa juga melarang kegiatan mahasiswa di wilayah kampus.

"Ini setelah adanya surat edaran Rektor untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus Corona," beber Umdatus, Rabu (18/3/2020).

Dalam surat edaran itu mahasiswa Unusa mulai menjalankan perkuliahan dengan cara daring melalui aplikasi E-Sorogan pada tanggal 23 Maret hingga 3 April 2020. Selama ini mahasiswa Unusa sudah sering melakukan perkuliahan melalui daring.

"Namun saat ini difokuskan untuk belajar mengajar melalui aplikasi tersebut," tutur Umdatus.

Sementara itu beberapa kegiatan mahasiswa yang rutin dilakukan, juga ditunda. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus covid-19.

Dalam surat edaran rektor tertera juga Universitas melarang adanya tamu dari negara yang terjangkit virus. Selain itu menunda perjalanan keluar negeri serta dilakukan penjadwalan ulang.

Umdatus menjelaskan jika selama diliburkan ini, mahasiswa dituntut untuk tetap melalukan komunikasi terlebih untuk bimbingan program kreativitas mahasiswa (PKM). "Kami meminimalisir adanya tatap muka jadi memanfaatkan komunikasi daring," katanya.

Umdatus menjelaskan jika mahasiswa untuk menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi seimbang, istirahat, berolahraga serta banyak minum air putih. Selain itu melarang mengkonsumsi daging yang tidak dimasak sampai matang.

Selain itu, mahasiswa dituntut untuk menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan cuci tangan dengan sabun atau hand Sanitizer, dan menutup hidung dan mulut jika batuk atau bersin.

Unusa juga sudah menyiapkan Satgas Siaga Covid-19 yang dipimpin langsung oleh dr. M. Fifin Kombih dengan nomor telepon 081358795725.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00