RS Universitas Andalas Padang Siap Jadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19

KBRN, Padang : Rumah Sakit Universitas Andalas Padang menjadi salah satu rumah sakit yang dipersiapkan sebagai rumah sakit rujukan dalam penanganan pasien corona di Sumatera Barat.

Dalam penanganan pasien corona, Rumah Sakit Unand ini memiliki tujuh ruangan khusus yang terletak di bagian basemant rumah sakit. Dalam operasionalnya akses bagi pasien corona juga nantinya dibuat terpisah dari pasien biasa.

Rektor Unand Yuliandri mengatakan, persiapan rumah sakit Unand sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan pasien corona masih dalam proses persiapan pemenuhan kelengkapan alat dan sarana lainnya.

“Ada beberapa perlengkapan yang tengah dalam tahap pemenuhan diantaranya Alat Pelindung Diri (APD). APD adalah kebutuhan wajib khususnya bagi tenaga medis dalam penanganan pasien nantinya,” jelas Yuliandri kepada RRI di Kampus Unand Padang, Selasa (24/3/2020).

Selain itu, sarana lainnya yang juga dalam tahap pemenuhan ialah kebutuhan kamar mandi ditiap ruangan. Namun Yuliandri menyatakan dalam beberapa waktu dekat segala perlengkapan tersebut segera terpenuhi, melalui bantuan dari berbagai pihak.

“Saat ini kita sedang menunggu bantuan dari Kementeri Kesehatan, karena rumah sakit ini nantinya juga melayani orang dalam pemantauan,” tambah Yuliandri.

Selain itu, Yuliandri  menambahkan dalam rangka persiapan penanganan pasien corona, Fakultas Kedokteran Unand juga ditunjuk sebagai labor pemeriksaan pasien corona, oleh Kementerian Kesehatan. Dengan keberadaan labor tersebut diharapkan hasil pemeriksaan pasien corona akan lebih cepat didapatkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00