Antisipasi Corona, Dua Pelancong Asal Jerman Di Sarankan Pulang

KBRN, Singkil :  Pasca di tetapkanya Kabupaten Aceh Singkil sebagai status Siaga Darurat Bencana Non Alam Corona Virus Deases (Covid) 19 beberapa hari yang lalu, oleh Pemerintah melalui tim Personalia Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Aceh Singkil. Seluruh pelancong yang hendak menuju ke Pulau Banyak, Aceh Singkil untuk sementara di larang  dan tidak dibolehkan.

Hal itu terbukti saat Dua Warga Negara Asing (WNA) asal Negara Jerman yang baru tiba di Aceh Singkil,  Senin (23/03/2020) hari ini diminta  kembali pulang via jalur darat menuju Medan, Sumatera Utara.

Penegasan larangan tidak menerima wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing tersebut, juga di pertegas dalam surat edaran Dinas Pariwisata Aceh Singkil, yang melarang para wisatawan masuk sementara waktu untuk mengunjungi Pulau Banyak Aceh Singkil, sebagai langkah pencegahan virus COVID-19.

Sekretaris Kecamatan Pulau Banyak Barat (PBB) Kabupaten Aceh Singkil, Dahrusyid disalah satu Warkop di Singkil se usai menyambangi  dua WNA sedang sarapan pagi kepada RRI menjelaskan.

Setelah dirinya memberikan penjelasan tentang larangan sementara kepada seluruh pelancong untuk menunda keberangkatan menunju wisat Pulau Banyak Aceh Singkil, ia meminta  turis yang berasal dari Jerman itu  untuk kembali pulang.  Hal ini di lakukan, karena kondisi Indonesia sedang darurat Corona. Termasuk Aceh Singkil harus di minta untuk waspada hadapi virus yang menular tersebut.

" Setelah kita berikan pehaman terkait Corona yang menjadi Isu Dunia saat ini, kami beserta dengan petugas lainya menyarankan Dua WNA Asal Jerman yang hendak menuju Ke Pulau Banyak, Aceh Singkil itu untuk sementara menunda dulu keberangkatan mereka. Dan kita juga meminta mereka, agar kembali pulang ke Negara asalnya melalui via darat Medan, Sumatera Utara." Sebut Dahrusyid

Sementara itu sebelum di minta untuk pulang, Dua turis Asing yang hendak menyeberang ke Pulau Banyak Aceh Singkil itu, sempat menjalani pemeriksaan kesehatan dengan Thermometer Inframerah oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Singkil. 

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Singkil melalui salah satu petugasnya, Edi Suherman ketika di konfirmasi RRI, membenar bahwa dirinya telah memeriksa Dua WNA Asal Jerman yang hendak berlayar Ke Pulau Banyak Aceh Singkil. 

Kemudian Hasil dari pemeriksaan,  Edi menyebut Dua WNA Asal Jerman ini masih di nyatakan untuk sementara belum terjangkit dari Virus Covid - 19.

" Setelah kita lakukan pemeriksaan, Dua WNA Asal Jerman ini masih di nyatakan untuk sementara belum terjangkit Virus Corona." Jelas Edi Suherman Petugas KKP Singkil 

Lebih lanjut hasil pantauan RRI, dua WNA itu saat  menjalani pemeriksaan suhu tubuh oleh pihak KKP di salah satu Warkop di Aceh Singkil, langsung  di dampingi perwakilan, Pos TNI AL, Personil Kodim 0109/ Aceh Singkil. Serta Dua WNA ini langsung diberangkatkan ke Medan, Sumatera Utara dengan kendaraan travel minibus.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00