Senin Depan 2.000 Box Masker Masuk Ke Batam

KBRN, Batam : Sudah hampir sebulan lebih lamanya, masker dan hand sanitizer sulit didapatkan di Batam, kini masyarakat Batam sedikit bisa bernafas lega, karena kedua benda langka ini akan didatangkan langsung dari Jakarta oleh tiga distributor sebanyak 2.000 Box. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Gustian Riau mengatakan, ribuan box masker tersebut masuk ke Batam pada Senin,(23/3/2020) mendatang. Hal itu dilakukan atas arahan dari Walikota Batam, sehingga Disperindag mengeluarkan surat pendamping sesuai dengan invoice yang diminta oleh distributor lokal, surat tersebut juga ditembuskan kepada Kementerian Perdagangan. 

"Dalam hal ini Disperindag langsung yang meminta ke Jakarta, kemungkinan mereka yang di Jakarta kurang percaya ke distributor lokal, karena mereka lebih mengutamakan daerah lainnya. Alhamdulillah disetujui permintaan kita hari ini, kemungkinan perubahan harga terjadi, itu 2.000 box besar yang dalam boxnya ada 40-50 box kecil lagi," ungkap Gustian Riau kepada RRI Batam Rabu, (18/3/2020). 

Gustian Riau melanjutkan, harga masker yang datang kali ini memang sedikit lebih mahal dari biasanya, karena biaya transportasi menggunakan pesawat, sedangkan biasanya menggunakan kapal laut. Gustian memprediksikan harga yang sampai ke tangan masyarakat tidak akan tembus hingga ratusan ribu rupiah. Selain itu distributor juga diberikan pengertian untuk tidak mencari keuntungan melainkan pemenuhan kebutuhan masyarakat. 

Adapun merk masker yang akan masuk ke Batam yakni masker bedah merk Sensi 3 ply, merk 3M 3 ply dan Masker N95. Khusus masker N95 Disperindag juga membantu ketiga distributor ini untuk memasok di apotek-apotek, demi pemerataan kepada masyarakat. Karena memang biasanya hanya disuplai untuk rumah sakit. Sedangkan untuk masker bedah biasa, akan dipasok di minimarket ataupun toko-toko pada umumnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00