Tim Gugus Tugas Covid-19 Batam Akan Sisir 12 Kecamatan Selama Sepekan Kedepan

KBRN, Batam : Tim Gugus Tugas Covid-19 sebanyak 38 orang telah turun ke 7 kecamatan di mainland Batam yakni Nongsa, Batam Kota, Bengkong, Sagulung, Batu Aji, Lubuk Baja, Sekupang dari 12 kecamatan hinterland dan mainland. Mereka melakukan penyisiran data sesuai nama, alamat dan nomor telepon untuk memutus penyebaran Covid-19 pada cluster yang tak terdeteksi.

Wakil Walikota Batam, selaku ketua Gugus Tugas Covid-19, Amsakar Ahmad mengatakan mereka yang dideteksi dini masuk dalam 4 kelompok yakni Kelompok orang dalam pemantauan, pasien dalam pengawasan, suspect, dan positif Covid-19. Tim yang turun secara sporadis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dengan menyiagakan 4 ambulance khusus dari puskesmas.

"Target kita 1.000 orang dalam jangka pendek dengan dibantu oleh pelaku usaha, termasuk masker 2 kontainer dan hand sanitizer. Opini yang kami bangun dalam 2 minggu kedepan nanti, yang akan berkorelasi positif dengan geliat ekonomi daerah. Silahkan cek website lawancorona.batam.gov.id," ujar Amsakar Ahmad kepada reporter RRI Batam, Jum'at, (20/3/2020).

Amsakar melanjutkan, secara masif Tim Gugus Tugas Covid-19 akan beraksi setelah APD dari Konsulat Jenderal Singapura sampai pada Jum'at sore ini dan akan didistribusikan sebanyak 300 pieces, masker, hand sanitizer dan Thermal Gun. Optimisme terus dibangun dalam dua minggu kedepan untuk mendapatkan gambaran menyeluruh kondisi Batam pasca pelibatan penyisiran data masyarakat yang dibantu oleh perangkat RT/RW, Danramil, Lurah, pihak Puskesmas dan Rumah Sakit.

Harapan pemerintah, masyarakat secara mandiri dan periodik datang langsung ke puskesmas-puskesmas terdekat untuk menginformasikan kondisi masing-masing. Sebelumnya gugus tugas ini juga sudah menyisir Disdukcapil, Masjid Sultan Mahmud Riwayat Syah, Bus Trans Batam, SMP Negeri 3, SMP Negeri 12 dan SMA Negeri 1 Batam. (SRH-BTM)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00