Bulan Bahasa Bali 2020, Ajak Masyarakat Pedawa Lestarikan Budaya Bali

KBRN, Singaraja : Pemerintah Provinsi Bali menggelar rangkaian kegiatan Bulan Bahasa Bali 2020 mulai 1 - 27 Februari sebagai bagian dari implementasi Peraturan Gubernur Bali No.80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Dik abupaten Buleleng sendiri beberapa desa telah melaksanakan peringatan bulan bahasa bali, salah satunya Desa Bali Aga yakni Pedawa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng melaksanakan peringatan Bulan Bahasa Bali di Balai serba guna Desa Pedawa, Senin (24/2/2020).

Bulan Bahasa Bali 2020 mengangkat tema ‘Melarapan Bulan Bahasa Bali Nyujur Atma Kertih’. 

"Tema ini mengandung visi bagaimana kita memuliakan dan menyucikan jiwa atau atma," ucap Ketua Panitia Made Widnya.

Ia menambahkan Peringatan bulan bahasa bali yang diselenggarakan di Desa Pedawa merupakan upaya untuk melestarikan budaya utamanya bahasa dan sastra bali yang semakin hari semakin terkikis oleh perkembangan zaman.

“Melalui kegiatan lomba ini bagaimana bahasa Bali itu tidak terkikis, adanya Pergub terkait bulan bahasa Bali maka kita bersama-sama melestarikan bahasa Bali agar tidak hilang,” ungkapnya.

Dukungan pun mengalir dari Perbekel Desa Pedawa I Putu Sudarmaja. Sebagai desa Bali Aga Pemdes Pedawa menyambut baik program pemerintah Provinsi Bali terkait penyelenggaraan lomba kali ini.

Dengan terselenggaranya bulan bahasa diharapkan kedepan menjadi tonggak pelestarian adat dan budaya bali serta mampu menjadi daya tarik para wisatawan demi kesejahteraan masyarakat Pedawa dan juga masyarakat Bali.

“Dengan kita melestarikan budaya bali bisa meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Pedawa,” ujarnya.

Seluruh peserta diikuti warga desa setempat mulai kalangan millenial hingga kaum dewasa. Pesertanya untuk nyurat aksara dari anak-anak tingkat SD di seluruh desa Pedawa, nguwacen dari kalangan SMP, mesatua bali dari kalangan PKK di masing masing dusun dan pidarta bali perwakilan dari masing masing sambangan di Desa Pedawa

Adapun jenis dan pemenang lomba Buan Bahasa Bali diantaranya ;

A. Pidarta bahasa Bali;

1. Putu Arjana

2. Gede Armawan

3. Putu Suwika

B. Nguwacen aksara Bali;

1. Putu Eka Widya Sari

2. Ni Putu Linda Riniasih

3. Luh Novi Pusitawati

C. Mesatua Bali; 

1. Luh Nirmayani

2. Ni Komang Ariani

3. Ni Kadek Susinawati

D. Nyurat Aksara Bali;

1. Ni Komang Tiara Tri Adnyani

2. Luh Putu Ulandari

3. Wayan Arik Melisa Putri

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00