Jatim Siapkan Format Khotbah Ied di Rumah

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto: Istimewa)

KBRN, Surabaya : Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menganjurkan untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri di rumah, sebagaimana imbauan dari Wakil Presiden, MUI, juga dari Kementerian Agama.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, terlebih bagi daerah-daerah yang sudah ada konfirmasi positif Covid-19 atau menjadi zona merah, diharapkan tidak melaksanakan sholat Idul Futri secara berkerumun.

"Maka diharapkan bisa melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah masing-masing," katanya, Jumat malam (22/5/2020).

Bahkan, Pemprov Jatim sudah menyiapkan panduan atau format khotbah di web Pemprov, bagi masyarakat yang melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah. Di web itu, disiapkan seorang Khotib, dan bagaimana Kaifiah Sholat Idul Fitri.

"Kemudian bagaimana mereka akan menyelenggarakan proses, apakah dari mulai persiapan sholatnya, penyelenggaraan khotbahnya dan seterusnya," terangnya.

Khofifah berharap, bahwa hari kemenangan 1 Syawal tetap bisa dinikmati khidmatnya, bisa mensyukuri 1 Syawal sebagai hari kemenangan, setelah satu bulan puasa di bulan Romadhon, dan dalam suasana pandemik Covid-19.

"Seperti yang kita lihat hari ini maka dinamika penyebaran yang masing-masing harus diwaspadai oleh semua kalangan, semua elemen, semua lini masyarakat, bahwa penyebaran Covid-19 ini masih cukup masif di Jawa Timur, terutama di Surabaya dan Sidoarjo," tuturnya.

Oleh karena itu, Khofifah mengajak masyarakat menyampaikan pesan supaya masing-masing bisa menjaga kebaikan, perlindungan diri, dan menjaga masing-masing supaya aman, itu menjadi bagian yang penting.

"Karena kita semua tentu berharap bahwa masing-masing kehidupan masyarakat akan bisa dijaga, dan proses menjaga itu yang paling prioritas itu adalah dimulai dari diri kita masing-masing," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00