Sholad Id, Bener Meriah Sisakan Dua Kampung

KBRN, Redelong: Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, memutuskan khusus warga di dua kampung yakni Kampung Pemango dan Penosan Jaya Kecamatan Permata hanya dibolehkan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri  di rumah masing-masing tidak secara berjamaah di masjid atau tempat terbuka.

Kepala bagian Humas dan Protokoler Kabupaten Bener Meriah Wahidi menyatakan, keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan masih diberlakukan isolasi kampung setelah diketahui terdapat warga di salah satu kampung tersebut positif corona kendati dinyatakan sembuh.

"Dan tidak diperbolehkan melaksanakan shalat Idhul fitri di kampung lain. Begitupun warga kampung lain untuk sementara waktu tidak diperkenankan masuk kedua kampung tersebut," kata Wahidi dalam keterangannya, Sabtu (23/5/2020).

Sementara itu, Wahidi mengimbau, secara umum masyarakat di Kabupaten Bener Meriah untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan sholat Idul Fitri 1441 Hijriah.

Hal ini, lanjutnya, sebagaimana tertera dalam Surat Edaran Nomor: 180/674/2020 tentang pelaksanaan sholat Idhul fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi covid-19.

Dijelaskan, dalam SE ditujukan kepada seluruh camat dan reje kampung se- kabupaten Bener Meriah mengatur beberapa hal terkait sholat Idhul Fitri yaitu menjaga jarak barisan, pengaturan shaf agar diberikan jarak minimal 1 meter, memakai masker, atau mengikti protokol kesehatan.

Dikatakan, dalam pelaksanaannya juga harus menggunakan khatib dan imam lokal atau tidak mendatangkan dari luar daerah, jika memungkinkan sholat Idhul Fitri dilaksanakan di kampung masing-masing.

"Selanjutnya panitia penyelenggara juga harus menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitaizer, di lokasi pelaksanaan sholat Idhul Fitri," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00