Jumlah ODP Di Kabupaten Ende Mengalami Penurunan

KBRN,Ende-Jumlah  Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Ende saat ini mengalami penurunan yakni baru 3 orang ODP  jika dibandingkan dengan jumlah ODP yang diumumkan dinas kesehatan Kabupaten Ende Jumad pekan lalu sebanyak 22 Orang Dalam Pemantuan (ODP).

Saat ini dari tiga 3 Orang Dalam Pemantauan (ODP),dua orang diantaranya sementara menjalani karantina mandiri semenetara 1 ODP lainnya ditempatkan diruang isolasi RSUD Ende.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende,dr.Muna Fatma kepada sejumlah wartawan di Ende Senin (23/03/2020) mengatakan penurunan ODP terjadi karna ada perubahan protokol yakni dimana sebelumnya semua orang dari luar khususnya dari daerah terpapar corona masuk dalam kategori  Orang Dalam Pemantauan(ODP) sementara protokol terbaru saat ini orang yang masuk dalam ODP harus menimal mengalami gejala antara lain demam,batuk,pilek dan sesak nafas.

Ia menjelaskan ketiga pasien yang masuk kategori saat ini dua diantaranya menjalani karantika mandiri dirumah sementara 1 pasien harus menjalani isolasi dirumah sakit dengan pertimbangan pasien berasal dari luar kecamatan dan usianya masih anak-anak.

“Rata-rata ketiga pasien itu mengalami demam,batuk dan pilek namun belum ke arah gangguan pernapasan berat”Ujarnya.

Muna Fatma menambahkan bagi masyarakat yang mengalami sakit dengan gejala demam,batuk dan pilek segera memeriksakan diri ke rumah sakit jangan menunggu status ODP dulu baru dibawa ke rumah sakit agar bisa meminimalisir penyebaran virus corona (Convid 19).(Hery Epu)RRI       

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00