Waspada, Virus Corona Bisa Bertahan Pada ke-6 Benda Ini Lho!

KBRN, Jakarta: Merebaknya penyebaran virus corona menjadi ketakutan sendiri bagi setiap diri masyarakat. Namun apa anda tahu bahwa virus tersebut bisa bertahan di benda mati dalam waktu yang cukup lama.

Dikutip dari beberapa sumber mengatakan sebanyak 22 studi mengungkapkan bahwa virus corona, baik yang menyebabkan SARS maupun MERS bisa bertahan hidup di benda mati. Rentangnya bisa selama dua jam bahkan bisa mencapai lima hari kedepan.

Namun benda berbahan apa saja yang bisa menyebabkan virus corona bertahan, berikut penjelasnnya:

1. Alumunium 

Virus corona bisa bertahan pada benda yang berbahan  dasar dari alumunium yakni seperti kran air, kaleng minuman, kerangka komputer, bingkai jendela dan sebagainya. Virus corona bisa bertahan pada bahan alumunium dalam waktu dua sampai delapan jam jika barang tersebut di pegang atau sudah tersebar virus corona dari seseorang yang positif corona.

2. Besi 

Selain alumunium, benda yang berbahan dasar besi juga bisa menyebabkan virus corona bertahan. Ketahanannya bisa mencapai 48 jam. Benda-benda yang berbahan dasar besi berupa Mur atau baut, Paku, Pagar, dan lainnya.

3. Kaca dan kayu

Virus corona bisa juga bertahan di benda-benda yang berbahan dasar kaca dan kayu seperti gelas, piring, vas bunga, kaca jendela, mangkuk kaca, pintu kayu, meja kayu, kursi kayu dan sebagainya. Ketahanan virus corona pada kaca bisa mencapai waktu 4 hari. jadi sebaiknya jika ingin menggunakan benda tersebut dipasyikan dibersihkan terlebih dahulu.

4. Kertas

Tenyata kertas yang notabenya banyak kita temukan bahkan kita gunakan setiap harinya itu bisa juga menyebabkan virus corona bertahan. ketahanan yang bisa ditimbulkan oleh kertas yakni 4 sampai 5 hari kedepan.

5. Plastik

Virus juga bisa bertahan di benda yang berbahan dasar plastik. Benda yang berbahan plastik bisa berupa kursi plastik, kantong plastik, sendok, galon, payung, dan sebagainya. Ketahanannya bisa mencapai 5 hari, maka dari itu hindari penggunaan plastik untuk saat ini.

6. Sarung Tangan Medis

Ternyata sarung tangan medis yang biasa digunakan oleh tim medis seperti dokter maupun perawat itu bisa menimbulkan ketahan virus selama 8 jam. Maka dari itu jika memang selesai digunakan sampah dari sarung tangan tersebut kalau bisa dibuang ditempat yang sudah disediakan agar aman dari virus yang sudah mengendap selama 8 jam tersebut.

Selain barang-barang yang sudah disebutkan diatas, kalian juga harus selalu menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari virus tersebut. Bisa dengan rajin mencuci tangan, hindari keramaian dan terus menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan dan meminum vitamin secara rutin. Jadi sekali lagi hati-hati untuk kalian yang ingin tetap sehat!!

(Foto:istimewa)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00