Ketakutan Wabah Corona, Ratusan Warga India Eksodus

KBRN, Jakarta: Kasus kematian akibat wabah virus corona baru (COVID-19) di India hingga sebanyak empat kasus. Sedangkan warga yang terinfeksi virus ini mencapai 283 kasus. 

Hal ini telah menimbulkan ketakutan bagi ratusan warga miskin India. Mereka pun mengungsi ke desa-desa karena virus corona ini pada Sabtu (21/3/2020). 

Mereka terlihat berdesak-desakan dalam antrian panjang untuk naik kereta api di stasiun Lokmanya Tilak Terminus Mumbai. 

" Operator kereta api milik pemerintah India menyiapkan 17 layanan kereta api khusus mulai Jumat untuk mengangkut orang keluar dari wilayah Mumbai ke India timur dan utara, " kata juru bicara perusahaan kereta api India, Shivaji Sutar, seperti dikutip Reuters, Sabtu (21/3/2020).

Apalagi, Kementerian Perkeretaapian menyoroti risiko eksodud warga miskin India ini. Hal itu lantaran adal selusin orang yang bepergian dengan kereta api dalam beberapa hari terakhir telah dinyatakan positif COVID-19 pada Jumat kemarin. 

" Warga disarankan untuk menghindari perjalanan yang tidak penting untuk keselamatan warga," kata pihak Kementerian Perkeretaapian. 

Sedangkan Dr. Rajib Dasgupta, seorang profesor kesehatan masyarakat di Universitas Jawaharlal Nehru di New Delhi mengkhawatirkan eksodus atau perpindahan populasi skala besar warga miskin ke pedesaan. 

Kondisi ini dapat mempercepat penyebaran virus corona di India, apalagi dengan penduduk 1,3 miliar perawatan kesehatan pemerintah India untuk warganya masih belum maksimal terutama di pedesaan.

Padahal, Perdana Menteri Narendra Modi mengimbau warga India untuk tetap tinggal di rumah untuk mencegah mewabahnya virus corona ini. (foto: Reuters)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00