21 Tersangka Teroris Tewas di Sinai Utara

KBRN, Jakarta: Sebanyak 21 tersangka teroris tewas dalam serangan yang dilakukan pasukan keamanan Mesir di wilayah Sinai utara Mesir. Dalam serangan itu, Polisi menemukan 13 senapan otomatis, tiga perangkat peledak, dan radio nirkabel di tempat persembunyian teroris tersebut. 

Dilansir Presstv, Sabtu (23/5/2020), Kementerian Dalam Negeri Mesir menduga tersangka teroris tewas ini berencana melakukan serangan teror selama liburan Idul Fitri di Mesir. 

Wilayah Sinai sejak Oktober 2014 berada dalam keadaan daurat. Tepatnya, etelah serangan teroris yang mematikan dan menewaskan 33 tentara Mesir. Selama beberapa tahun terakhir, kelompok teroris ini telah terlibat dalam kegiatan anti-pemerintah dan melakukan serangan fatal di Mesir. 

Selain itu, mereka juga mengambil keuntungan dari kekacauan yang meletus setelah presiden pertama yang dipilih secara demokratis di Mesir, Mohamed Mursi digulingkan dalam kudeta militer, pada Juli 2013. 

Pemerintah Mesir pada Februari 2018 telah meluncurkan kampanye kontra-terorisme skala penuh setelah serangan teror di Sinai utara yang merenggut nyawa lebih dari 300 orang di sebuah masjid. 

Sejak kampanye kontra-terorisme itu, lebih dari 840 tersangka militan tewas di wilayah itu. Sedangkan 60 personel keamanan Mesir tewas dalam operasi tersebut. 

(Foto: presstv)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00