Social Distancing Sangat Penting Mendukung Upaya Penanganan Penyebaran Covid-19 di NTT

KBRN, Kupang : Social Distansing atau Pembatasan Sosial yang dihimbau Pemerintah harus diindahkan masyarakat, karena sangat mendukung upaya pemerintah mencegah penyebaran Virus Corona.

Pentingnya pembatasan sosial yang dihinbau pemerintah kepada masyarakat dinilai Warga Kota Kupang Dokter Christian Widodo di Kupang, Senin (23/03/2020).

Menurut Dokter Chirstian Widodo, pembatasan sosial atau social distancing merupakan tindak pereventif yang wajib diindahkan oleh masyarakat, sebagai upaya mendukung pemerintah mencegah penyebaran virus corona yang terus menyebar di Tanah Air, termasuk di Nusa Tenggara Timur.

Menurut Dokter Christian Widodo, setiap masyarakat tidak boleh menganggap sepeleh persoalan tersebut, karena sudah banyak korban meninggal dunia akbibat terserang Covid-19.

Christian Widodo juga mengaku kesal dan menyayangkan, apabila masih ada warga NTT yang belum melaksanakan himbauan tersebut.

“Sangat penting social distancing ini dan himbauan pemerintah ini penting sekali. Makanya saya sangat menyayangkan kalau ada warga yang tidak mematuhi. Karena ini sangat penting himbauan pemerintah ini. Kalau kita terus keluar-keluar rumah, kita merasa diri kuat, kitakan tidak tahu seberapa kuat daya tahan tubuh kita. Kadang-kadang virus ini dalam masa inkubasi tidak ada gejala. 14 hari itu masa inkubasi, kita pikir kita sehat misalkan, ah saya tidak sakit, saya tidak batuk, pilek, tidak demam, saya dari luar negera atau saya dari Jakarta. Saya mau ketemu orang, nah mana tau didalam badan orang tersebut sudah ada virus itu. Orang itu menularkan kepada orang lain, orang lain yang tertular bawa ke rumah dan tentunya juga tertular kepada keluarga,” tegas Dokter Christian Widodo.

Lebih lanjut Anggota Komisi Lima DPRD NTT Dokter Christian Widodo menjelaskan bahwa, pembatasan sosial sangat penting bagi masyarakat dalam kondisi Bangsa dan Dunia saat ini.

Karena Covid1-19 merupakan sebuah wabah yang berkembang sangat cepat, dan penularannya pun tidak memandang siapa pun manusia.

Sehingga diharapkan, masyarakat mematuhi himbauan Pemerintah kepada masyarakat untuk melaksanakan aktivitas di rumah saja, dan apabila ada keperluan penting maka masyarakat harus tetap menjaga jarak dengan sesame yang lainnya.

“Penyebaran covid-19 inikan sangat cepat. Manakala kita berkumpul kita bisa memberikan satu sama yang lain dan saling menularkan. Karena kadang-kadangkan belum ada gejala. Kita bilang ah kita atau saya sehat ko, kita keluar kumpul-kumpul karena kita sehat ko. Tapi ingat covid-19 itu ada masa inkubasinya 14 hari. Kalau dia masih dalam masa inkubasi dia tidak ada gejalanya. Jadi itulah pentingnya kita hidup di dalam rumah untuk sementara waktu sambil menunggu waktu himbauan lanjutan dari Pemerintah,” tegas Dokter Christian Widodo.

Dokter Christian Widodo mengharapkan, masyarakat selalu menjaga diri dan waspada, tidak menganggap sepeleh penyebaran virus corona tetapi tidak panik berlebihan, selalu mengindahkan himbauan pemerintah seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, selalu menggunakan masker, serta tidak berkumpul dalam jumlah banyak orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00