Muslim Kutai Barat Dibolehkan Gelar Salat Ied

KBRN, Sendawar: Umat Muslim Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur dipastikan bisa menjalankan Salat Ied di luar rumah atau di tempat-tempat ibadah. Namun pelaksanannya tetap harus mengutamakan prtokol kesehatan, demi menghindari penyebaran Covid-19. 

Keputusan terkait itu diambil oleh pemerintah Kubar bersama Forkopimda, Kementerian Agama, MUI, NU, Muhammadiyah, dan Dewan Masjid di Wilayah tersebut, melaksanakan Rapat Koordinasi terkait pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan kepada RRI Sendawar, Selasa (19/5/2020) mengatakan, berdasarkan hasil rapat tersebut, umat muslim di Kabupaten Kutai Barat dapat melakukan kegiatan Salat Ied menyambut hari raya Idul Fitri nanti, namun dengan beberapa ketentuan.

Seperti membatasi jumlah jemaah di Masjid, kemudian bagi Jemaah yang ingin melaksanakan salat ied, wajib mengenakan masker, menjaga jarak minimal 1,5 meter, tidak melakukan kontak fisik seperti bersalam-salaman atau berpelukan usai salat berlangsung.

Selanjutnya, melaksanakan ibadah secara khidmat dan simpel dengan mengurangi durasi shalat. Dan terakhir umat muslim yang sakit diminta tidak melaksanakan salat Ied di masjid, atau melaksanakan ibadah di rumah.

“Jadi kita minta pengurus masjid mendata kapasitas rumah ibadah ditempat masing-masing, jika biasanya dalam waktu normal kapasitas masjid sampai 500 orang, dalam kondisi seperti ini, dikurangi separuhnya. Kemudian jema’ah yang ikut shalat harus menggunakan masker, menjaga jarak. Dan diminta agar shalat dilaksanakan secara khidmat dan simpel, jadi biasanya ada sambutan Bupati, sekarang ditiadakan sehingga shalat bisa cepat selesai, misalnya kalau waktu shalat 1,5 jam kita harapkan berlangsung kurang dari satu jam,” katanya.

Maka itu Edyanto Arkan menegaskan, selain adanya penjagaan dari pihak keamanan, juga akan ada Pemeriksaan dari Tim Medis, terutama bagi jemaah yang melaksanakan salat ied di dalam masjid.

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00