Dinyatakan Sembuh, Satu Pasien Positif Covid-19 di RSSA Malang Telah Dipulangkan

KBRN, Malang: Pasien 07 positif Covid-19 di Kota Malang dinyatakan sembuh dan dipulangkan setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Saiful anwar (RSSA) Malang. Pasien yang merupakn mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang tersebut dipulangkan pada Sabtu (21/3/2020) kemarin.

"Sudah sembuh secara fisik, tetapi masih butuh fase penyembuhan. Dipulangkan karena berdasarkan observasi tim medis secara klinis pasien tersebut dinilai sudah sembuh," kata Direktur RSSA, dr. Kohar Hari Santoso, Senin (23/3/2020).

Meski demikian, pihaknya mengimbau  agar masyarakat tidak takut dan tidak memberikan stigma pada pasien positif Covid-19 tersebut. Meski dinyatakan sudah sembuh secara klinis, pihak RSSA masih menunggu kepastian hasil tes dari Litbangkes RI apakah pasien tersebut dinyatakan positif atau negatif Covid-19. 

"Jangan kemudian didatangi keluarganya dulu. Saat ini sedang dalam masa pemulihan, menjalani isolasi diri di kediamannya. Kami berpesan untuk mengurangi interaksi dengan masyarakat," ujarnya.

Selama menjalani masa penyembuhan dan isolasi sedikitnya 14 hari, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang melakukan pemantauan, termasuk menjaga asupan makanannya. 

"Untuk persediaan makanan sudah koordinasi dengan Dinkes Kota Malang," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, RSSA Malang telah merawat dua pasien Positif Covid-19. Satu diantaranya merupakan warga Kabupaten Malang telah meninggal dunia. Untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, RSSA Malang telah melakukan tracing atau penelusuran jejak pasien dengan lingkungan dan orang di sekitarnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00