Antisipasi penyebaran Covid-19, Dompet Dhuafa Semprot Disinfektan di LPP RRI

KBRN, Malang: Antisipasi Penyebaran Virus COVID-19 yang kini sudah memasuki kota Malang, Kantor Lembaga Penyiaran Publik LPP RRI Malang, Selasa (24/3/2020) melakukan penyemprotan secara Internal dengan menggandeng Lembaga Dompet Dhuafa Jawa Timur untuk wilayah Malang.

Penyenprotan dilakukan sejak pukul 10:00 WIB,  oleh Tim Dompet Dhuafa yang berjumlah 9 orang, dengan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) mereka bergerak keseluruh ruangan yang ada di RRI yang berkantor di Jalan, Candi Penggung No.58 Malang, untuk menyemprotkan cairan disinfektan.

Koordinator penyemprotan dari Dompet Dhuafa, John kepeda RRI mengatakan, penyemprotan disinfektan ini sangat efektif untuk menangkal dan memutus pergerakan penyebaran virus Corona ini.

Jhon menuturkan, saat ini bahan disinfektan sangat sulit didapatkan dipasaran untuk itu tim menggunakan bahan campuran yang mudah dicari, diantaranya bahan bleching digantikan bayclin untuk penyemprotan bagian atas.

Lebih jauh diungkapkan pria ramah ini, untuk penyemprotan dibagian lantai menggunakan karbol atau wipol sedangkan di outdoor digunakan cairan  disinfektan yang biasanya untuk menyemprot kandang hewan.

"Untuk campuran cairan disinfektan kita mencampur bahan yang mudah didapatkan," kata John yang juga ketua  pendamping kemanusiaan di Dompet Dhuafa ini.

Untuk kegiatan penyemprotan yang dilakukan Dompet Dhuafa sudah berjalan sepakan dan bagi masyarakat, perkantoran, masjid bisa meminta bantuan dengan terlebih dahulu menghubungi Dompet Dhuafa di Malang.

Sejauh ini, selain pemukiman yang paling banyak meminta bantuan penyemprotan adalah Masjid dalam sehari bisa sampai 3 Masjid yang disemprot cairan disinfektan.

"Selain dilakukan penyemprotan kami juga melakukan edukasi ke tempat yang dilakukan penyemprotan agar kedepannya bisa bergerak sendiri," tuturnya.

Jhon menambahkan, penyemprotan akan dilakukan hingga penetapan tanggap darurat ini dicabut oleh pemerintah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00