Penemuan Harta Karun Sriwijaya, Balar RI Diharapkan Terlibat

KBRN, Jakarta: Para pemburu harta karun yang menemukan peninggalan yang diduga dari Kerajaan Sriwijaya, memastikan bersedia bekerja sama dengan  Balai Arkeologi (Balar) RI agar temuan mereka tak jatuh ke tangan yang salah.

Ketua Komunitas Pecinta Antik dan Kebudayaan Sriwijaya (Kompaks) Hirmeyudi yang juga ikut serta dalam pencarian harta karun ini menegaskan, peranan lembaga pemerintah memang dibutuhkan dalam urusan ini.

Ia menambahkan, pihaknya telah menghubungi Balar RI mengenai adanya laporan penemuan harta karun di kawasan Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan ini.

“Kami dapat kabar peneliti Balar itu sering mencari dan menggali untuk benda bersejarah. Sejauh ini, banyak yang mereka temukan hanya berbahan kayu, bukan lagi emas dan sebagainya,” katanya, Rabu (9/10/2019).

Pihaknya mengaku penasaran dengan penyebab Balar RI belum pernah menemukan harta peninggalan sejarah yang terbuat dari material bernilai tinggi.

”Apakah alat mereka memadai atau tidak kita enggak tahu. Makanya kita bisa bekerja sama untuk mencarinya," ucapnya.

Namun, ia menambahkan pihak Balar RI belum memberikan tanggapan soal penemuan barang antik bernilai historis tinggi di kawasan sekitar bekas karhutla ini.

“Kami harap Balar RI bisa memberikan respons agar dapat terlibat dalam pencarian harta karun ini,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00