Catat, Begini Tahap Dapat Keringanan Listrik Bagi Pelanggan 450 VA dan 900 VA

KBRN, Jakarta : Presiden Joko Widodo telah menggratiskan biaya listrik selama wabah virus corona melanda, hal itu digratiskan sejak 1 April sampai Juni 2020. Listrik gratis tersbut hanya untuk masyarakat pengguna listrik 450 volt amper dan 900 VA. Sedangkan untuk pelanggan listrik 900 VA yang berjumlah 7 juta orang, akan diberikan diskon harga sebesar 50 persen dalam periode yang sama, yakni April hingga Juni.

Mendukung Kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pembebasan biaya tarif listrik. Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyiapkan cara mendapatkan program tersebut.

“Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni,” ungkap Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka dlama keterangan, Jumat (3/4/2020).

Baca juga : Tips Lawan Virus Corona Belajar dari Kasus 02

Baca juga : Layanan Whatsapp Listrik Gratis PLN Beroperasi 6 April

RRI telah merangkum mekanisme cara mendapatkan lsitrik gratis dan diskon tersebut, begini cara mekanisme melalu website dengan cara: 

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar. 

3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Cara lainnya adalah Pelanggan juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123, dengan cara: 

1. Buka Aplikasi WhatsApp 

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah satunya masukkan ID Pelanggan. 

3. Token gratis akan muncul 

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Dengan ID Pelanggan tersebut, Made sampaikan, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. 

“Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem,” ujarnya. 

Proses ini, sambung Made, akan tuntas dalam sepekan ke depan sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya. 

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” pungkasnya. (antara foto).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00