Sea Games 2019, Pencak Silat Diharapkan 'Sapu Bersih' Emas

KBRN, Denpasar : Cabang Olahraga Pencak Silat diyakini menjadi andalan Indonesia merebut medali emas Sea Games 2019 di Filipina.

Rasa optimisme tersebut disampaikan Sekretaris Umum (Sekum) Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bali  Nyoman Yamadhiputra kepada RRI di Denpasar Rabu, (2/1/2019).

Prestasi sapu bersih pada Asian Games Agustus lalu, menjadi modal tim Merah Putih merebut emas sebanyak-banyaknya dalam multievent dua tahunan antar negara di kawasan Asia Tenggara nanti. 

“Kalau Sea Games kita masih optimis bahwa Pencak Silat masih tetap menjadi pendulang emas untuk Indonesia di Sea Games Manila Filipina. Kami juga masih optimis untuk atlet-atlet Bali juga masih bisa mewakili Indonesia di event itu karena kita juga memiliki atlet handal untuk tingkat Nasional dan Sea Games,” ujarnya.

Binpres KONI Bali ini berharap nomor yang dipertandingkan di Sea Games 2019 mengakomodir potensi pesilat di Tanah Air. Dari informasi yang diperoleh, PB IPSI sampai saat ini masih melakukan lobi dengan tuan rumah Filipina terkait nomor yang akan dipertandingkan.

“Yang jelas PB IPSI melalui KOI sampai saat ini masih melakukan komunikasi dengan panitia pelaksana di sana. Kemarin per 28 November sudah ditentukan cabor-cabor dan untuk nomor-nomor masih dalam proses di sana. Kalau tidak salah Februari nanti sudah keluar nomor-nomor yang akan dipertandingkan,” ungkapnya.

Sementara menyinggung pemanggilan atlet menuju Pelatnas, menurut Sekum IPSI Bali itu akan dilaksanakan Januari ini. Untuk Bali sejumlah atlet diusulkan untuk ikut seleknas diantaranya peraih emas Asian Games Komang Harik Adiputra dan Pasangan Ganda Putri Sang Ayu Sidan Wilantari-Made Dwiyanti. Termasuk juga ada pesilat junior Komang Wahyu Rihartana yang berhasil menyabet emas di POMNAS lalu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00