FOPI Bali Berencana Gelar Treatment Mental Khusus Bagi Atlet

KBRN, Denpasar: Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Bali berencana menggelar pelatihan khusus untuk membentuk mental atlet lebih tangguh.

Kecenderungan selama ini, atlet Petanque Bali selalu kalah mental jika beradu dengan atlet luar daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah maupun Jawa Barat.

Ketua Umum Pengprov FOPI Bali Nyoman Yamadhiputra kepada RRI di Denpasar Sabtu, (5/1/2019) mengatakan pelatihan khusus untuk membentuk mental juara menjadi kebutuhan mendesak bagi atlet petanque Bali saat ini. Dari segi teknik maupun kekuatan fisik atlet Bali tidak kalah saing bahkan lebih unggul dibandingkan daerah lain. Namun saat bertanding menghadapi lawan di arena, justru mental atlet mudah goyah dan tidak fokus.

“Kita persiapkan mereka untuk bisa lebih banyak lagi untuk berlatih strategi, karena dari sisi fisik dan teknik kita lebih mumpuni dibandingkan propinsi lain, tapi dari sisi strategi dan mental kita masih dibawah, sehingga rekomendasi dari pelatih di Pelatda kita lebih banyak harus ikut kompetisi,” ujarnya.

Nyoman Yamadhiputra lebih lanjut mengatakan selain memperbanyak ikut kompetisi, dalam waktu dekat FOPI Bali juga akan mendatangkan psikolog untuk membantu pembentukan mental atlet.

“Faktor mentallah yang paling menentukan saat bertanding. Inilah yang membuat kita selalu mengirim mereka ke kompetisi agar menaikkan mental mereka lebih bagus lagi, termasuk nanti kita akan melakukan treatment mental secara khusus, kita akan koordinasi dengan psikolog dan ahli kesehatan untuk memberikan treatment khusus mental bagi mereka,” ungkapnya.

Terkait peluang lolos Pra Kualifikasi PON 2019 ini, menurut Ketua Umum FOPI Bali cukup terbuka lebar. Hanya saja dengan geliat pembinaan olahraga Petanque yang semakin baik di sejumlah propinsi, mewajibkan atlet petanque Bali harus di godok lebih intensif agar mampu tampil maksimal saat Pra PON nanti.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00