Dampak COVID-19, Sejumlah Negara Dukung Olimpiade Tokyo Ditunda

KBRN, Jakarta: Sejumlah negara mendukung keputusan penundaan Olimpiade Tokyo 2020 akibat dampak dari pandemi virus corona baru (COVID-19). Komite Olimpiade dan Paralimpiade AS (USOPC) menyuarakan dukungan tersebut setelah survei menunjukkan mayoritas atlet AS mendukung penundaan. 

Dalam survei disebutkan dari 1.780 atlet AS, 68 persen mengatakan mereka tidak berpikir Olimpiade bisa diselenggarakan secara adil sesuai jadwal.

"Kami mendorong Komite Olimpiade Internasional untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan Olimpiade dapat dilakukan dibawah kondisi yang aman dan adil," kata USOPC, seperti dikutip Channel News Asia dari AFP, Selasa (24/3/2020). 

Sedangkan para pejabat Olimpiade Kanada memastikan tidak akan mengirim tim ke Olimpiade Tokyo 2020. Mereka mendesak IOC untuk menunda hingga tahun 2021. 

Hal yang sama juga dilakukan Australia. Para pejabat Olimpiade Australia mengaskan Olimpiade Tokyo tidak dapat berjalan sesuai jadwal. Mereka meminta atletnya untuk bersiap-siap menghadapi Olimpiade pada tahun 2021. 

Sebelumnya, IOC menyatakan penundaan Olimpiade Tokyo 2020 dalam perencanaan skenario-nya. Olimpiade Tokyo akan berlangsung mulai 24 Juli hingga 9 Agustus. 

Sedangkan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kepada parlemen mengatakan penundaan akan terhindarkan jika acar tersebut tidak dapat diselenggarakan secara lengkap. (foto: Instagram/gqtaiwan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00