Liliyana Natsir Punya Andil Keputusan Tontowi Pensiun

KBRN, Jakarta : Mantan rekan Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir ternyata memiliki andil atas keputusan Owi -sapaan akrab Tontowi- untuk menentukan pensiun dari dunia bulu tangkis. 

Menurut Tontowi, dirinya sempat meminta saran kepada Butet -sapaan akrab Liliyana- yang sudah lebih dulu pensiun sejak Januari 2019 lalu. 

“Sebenarnya Ci Butet sudah lama tahu. Sebelum saya putuskan untuk pensiun, saya juga sharing sama dia (Butet, red) karena dia sudah mengalaminya,” ujar Tontowi saat jumpa pers virtual kepada wartawan, Senin (18/5/2020). 

“Dia sih mendukung-mendukung saja. Kata dia, saya pasti mengalaminya (pensiun). Ia juga mengatakan bahwa saya belum terlalu turun (prestasinya), nama masih di atas belum turun banget. Kalau sudah kalah terus-menerus nama turun, nanti waktunya tidak pas, jadi ini momen yang tepat untuk pensiun,” tambahnya. 

Selain Lilyana, Tontowi juga mengaku bahwa keputusannya itu juga mendapat dukungan dari banyak pihak. Salah satunya adalah keluarga di samping pelatih Richard Mainaky. 

“Saya tukar pikiran dengan istri dan dia mendukung. Kemudian saya diskusi dengan orang tua, mereka antara mendukung dan tidak, jadi pilihan ada di saya. Lalu Kak Icad (Richard Mainaky). Kami sempat berbincang dan dia menyerahkan keputusannya ke saya, karena ia mengatakan seorang atlet pasti akan melewati masa pensiun itu,” jelasnya. 

Akan tetapi, Owi tak bisa menampik bahwa saat dirinya memutuskan untuk pensiun dan secara resmi mengirimkan surat pengunduran diri kepada PBSI, perasannya bercampur-aduk. 

“Galau karena kepikiran bisakah saya sukses di bidang lain, sesukses saya di bulu tangkis? lebih ke situ (perasaannya),” tuntasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00