Ketum PB Perpani: Corona Tunda Sejumlah Event Panahan

KBRN, Banda Aceh : Mewabahnya virus corona (Covid-19) di dunia termasuk di Indonesia, telah berdampak pada rencana pemusatan latihan nasional (Pelatnas) dan tertundanya berbagai event nasional dan internasional serta rencana try out para atlet yang akan dilakukan Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani).

Hal itu dikatakan Ketua Imum PB Perpani, H Illiza Sa'aduddin Djamal usai acara pengukuhan Pengurus PB Perpani masa bakti 2018-2022 oleh Ketua Umum Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman di Kantor KONI pusat Jakarta. 

Prosesi pelantikan Pengurus PB Perpani secara virtual dari Kantor KONI Pusat, Pada kesempatan itu, Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal PB Perpani Hj Illiza Sa’duddin Djamal dan Dr Nyak Amir, MPd bersama sejumlah pengurus lainnya berada di Hotel Alhanifi Lampriet Banda Aceh untuk mengikuti prosesi pelantikan tersebut.

Sementara Pengurus Perpani lainnya mengikuti prosesi pelantikan dari rumah masing-masing.

"Keadaan tersebut menjadi tantangan kami para pengurus PB Perpani untuk membuat terobosan dan solusi agar pembinaan atlit nasional terus berjalan. Salah satu alternatif adalah memberikan kesempatan kepada para atlet untuk terus berlatih di rumah dan daerahnya," tuturnya.

Tahun 2021 akan menjadi konsentrasi PB Perpani dengan digelarnya berbagai event nasional dan internasional seperti seperti Olympic Games Tokyo (Juli), Pekan Olah Raga Nasional (PON) di Papua (Oktober) serta SEA Games Vietnam (November).

"Ini yang akan menjadi perhatian kami dalam mempersiapkan atlet nasional agar bisa mencapai peak performance di masing-masing event tersebut," ungkap Ketum PB Perpani Illiza Sa’duddin Djamal.

Pelantikan ini merupakan sejarah bagi insan olahraga Indonesia, karena untuk pertama kalinya dilakukan secara virtual di tengah wabah pandemik covid-19 dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Pelantikan seperti ini belum pernah terjadi dalam sejarah KONI. Ini sejarah karena untuk pertama kali pelantikan dilakukan secara virtual. Hal semacam ini sering dilakukan di kalangan pemerintahan, namun belum pernah terjadi di organisasi nonpemerintahan. Bayangkan, para pengurus Perpani saat ini terpencar, mereka ada di Aceh hingga Papua, Pengurus Provinsi di 32 wilayah dan atlet nasional panahan mengikuti dengan seksama melalui aplikasi Zoom," tegas Illiza Sa’duddin Djamal yang juga anggota Komisi X DPR RI asal Daerah Pemilihan Aceh.

Untuk diketahui, Illiza terpilih sebagai orang nomor satu di PB Perpani dalam Munaslub Perpani pada akhir 27 Februari 2020 di Jakarta secara aklamasi menggantikan Kelik Wirawan Widodo yang mengundurkan diri. Agenda pelantikan semula sudah diagendakan oleh PB Perpani di bulan Maret, namun tertunda akibat adanya wabah Covid-19. Sehingga atas kesepakatan KONI dan PB Perpani diputuskan pelantikan secara virtual.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00