Meski Di Rumah Tetap Olah Raga Ringan, Ala Pemain Persija

KBRN, Jakarta : Saat ini, Indonesia dalam kondisi darurat nasional wabah penyakit akibat merebaknya Virus Corona. Oleh sebab itu, pemerintah selalu menekankan agar masyarakat menjalankan praktik social distancing (menjaga jarak sosial) dengan tetap di rumah serta membatasi kontak dengan orang banyak demi meminimalisir penyeberan virus bernama lain Covid-19 tersebut. 

Tak hanya itu, pemerintah juga menekankan agar masyarakat Tanah Air bisa menjaga pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan makan makananya yang sehat seperti buah dan sayur-sayuran. 

Terus bagaimana masyarakat bisa berolahraga jika saat ini mereka sedang menjalankan social distancing? Nah, untuk hal ini ada tips dari pemain Persija Jakarta, Alfath Faathier untuk menalankan olahraga di rumah.  

Sejatinya olahraga ini dilakukan Fathier untuk menjaga kebugaran tubuhnya di tengah masa liburan latihan tim dan masa liburan kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2020. Akan tetapi, olahraga yang dilakukan Faathier ini juga bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang saat ini sedang menjalankan social distancing. 

Pemain berposisi bek sayap yang direkrut awal musim ini mengutarakan menggunakan alat sederhana untuk berolahraga. Ia memakai resistance band untuk penguatan otot dan melakukan gerakan-gerakan dasar.

Resistance band adalah alat olahraga alat olahraga yang digunakan untuk latihan kekuatan (strength) otot. Pada dasarnya, alat ini bukan dikhususkan untuk memperbesar otot. Resistance band biasanya berbentuk karet elastis yang bisa ditarik hingga titik tertentu.

"Olahraga selalu saya lakukan dalam kondisi apapun. Teruntuk kondisi yang terjadi sekarang. Saya melakukan dengan peralatan sederhana,” ujar Faathier seperti dikutip dari situs resmi klub, Selasa (24/03/2020). 

Selain itu, olahraga yang dilakukan Faathier di rumah juga adalah kardio. Olahraga kardio adalah olahraga untuk meningkatkan detak jantung, di mana jantung tersusun dari otot-otot. Otot-otot ini harus bergerak supaya lebih kuat dan kuat lagi. Olahraga kardio sangat membantu menurunkan berat badan karena aktivitas ini dapat membakar lemak.

Olahraga ini bisa dilakukan dengan cara, naik turun tangga, lompat dengan dua kaki secara bersamaan tidak perlu tinggi-tinggi, burpes, circle hop squat, dan lain-lain. 

"Olahraga saya dengan memakai resistance band (karet) untuk penguatan otot dan olahraga kardio. Selain itu kita bisa berolahraga skipping atau lompat tali,” tegas Faathier. 

Faathier berharap dengan olahrag yang ia lakukan tersebut di rumah, bisa menambah daya tubuh serta meningkatkan stamina agar tak mudah terserang penyakit. 

"Selamat mencoba, tetap sehat untuk kita semua dan semoga selalu dalam lindungan Allah,” tuntasnya. 

(Foto: istimewa/Persija)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00