Virus Corona Meluas, Target TMMD ke-107 Capai 95 Persen

KBRN, Palu : Ditengah semakin meluasnya penyebaran virus Corona, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa-TMMD Ke-107 di Desa Argakencana Kecamatan Moilong dan Desa Samalore Kecamatan Toili Kabupaten Banggai tetap berjalan dengan memperhatikan kondisi setiap petugas dan masyarakat yang terlibat. Dandim 1308 Luwuk Banggai Letkol Infanteri Fanny Pantouw, Selasa (07/04/2020) mengatakan meski TMMD merupakan program unggulan TNI dalam mendukung pemerintah untuk mempercepat pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, namun pihaknya tetap mengikuti perintah pusat untuk tetap mengutamakan kondisi kesehatan ditengah pelaksanaan TMMD tersebut.

“Kita melaksanakan kegiatan dengan menjaga jarak, terus sebelum melakukan pekerjaan cuci tangan, dan selesai juga cuci tangan, juga menjaga kebersihan.” Terangnya.

Ditambahkan kegiatan TMMD ke 107 dengan tema Pengabdian Untuk Negeri di Kabupaten Banggai selama 30 hari yakni mulai dari 16 Maret hingga 16 April pihaknya telah melakukan sejumlah kegiatan, yang tidak hanya dilakukan oleh TNI tetapi juga melibatkan pihak POLRI, Pemerintah Daerah dan Masyarakat. Dandim 1308 Luwuk Banggai Letkol Infanteri Fanny Pantouw menjelaskan selain kegiatan Sosial, pihaknya juga akan lakukan pengerjaan guna peningkatan kualitas jalan dan perbaikan rumah, dimana sebahagian besar target tersebut telah rampung dikerjakan.

“pembangunan jalan 95%, pembangunan duiker 100%, dan kita ada kegiatan tambahan untuk mengecor lantai yang masih tanah dan mengecat rumah masyarakat sudah 28 rumah, 1 rumah kita rehab total.”Jelas Dandim 1308/LB.

Dikatakan meski berupaya membangun rasa kebersamaan dan kekeluargaan, namun pihaknya tetap akan mengedepankan keselamatan dan kesehatan personil serta masyarakat. Dimana sebagai bentuk upaya pihaknya dalam mencegah penyebaran Virus Corona, selama kegiatan TMMD pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang pencegahan penularan Covid-19, serta membangun posko pencegahan Pandemi Corona.

“kita buat posko, dimana Posko ini yang diisi oleh anggota Satgas, petugas medis maupun aparat desa dan kecamatan. Tujuannya untuk memberikan imbauan kepada masyarakat terkait cara-cara pencegahan penyebaran virus corona serta selalu mentaati imbauan pemerintah tentang social distancing,” jelasnya.

Selain itu lanjut Dandim, posko tersebut juga akan mengawasi perlintasan barang dan orang dari luar kabupaten. Sebab, di depan posko berdiri adalah jalan utama lintas kabupaten antara Kabupaten Banggai dan Morowali Utara. NS

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00