Kejagung Tindaklanjuti Proses Hukum Aliran Dana Kemenpora

KBRN, Jakarta : Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Ali Mukartono menyatakan telah memerintahkan jajarannya untuk melanjutkan proses hukum dugaan korupsi yang terjadi di lingkungan Kemenpora, menyusul kabar tak sedap dari persidangan Pengadilan Tipikor Jakarta.

"Kan saya barusan bilang, hari ini tim sedang meminta keterangan saksi terkait kasus itu, berarti saya ingin kasus itu tetap berjalan," ujar Ali Mukartono, Jumat (20/3/2020).

Jampidsus dikonfirmasi terkait lanjutkan sejumlah kasus dugaan korupsi yang pernah ditangani bidang Pidsus Kejaksaan Agung di Kemenpora, namun hingga saat ini tak jelas. Sebaliknya terungkap di Pengadilan Tipikor Jakarta, bahwa ada aliran dana Rp7 Miliar dari Kemenpora untuk menyelesikan kasus yang ditangani Kejaksaan Agung. 

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Keuangan KONI, Eny Purnawati pada  sidang lanjutan perkara suap dana hibah Kemenpora ke KONI dengan terdakwa Mantan Menpora Imam Nahrawi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Pada persidangan itu, terdakwa mempertanyakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Eny di KPK soal uang pinjaman untuk mengurus kasus di Kejaksaan Agung.

"Ibu mengatakan di sini (BAP), saya diberitahu Pak Johnny E Awuy (Bendahara KONI) bahwa ada pinjaman KONI sebesar Rp 7 M untuk menyelesaikan kasus di Kejaksaan," tanya Imam di persidangan.

"Iya," jawab Eny.

Imam lantas menanyakan soal pemanggilan Eny oleh kejaksaan sampai dua kali. "Kasus apa?" tanya Imam.

"Sethau saya bantuan KONI dari Kemenpora tahun 2017," jawab Eny.

Selain Eny, Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy, juga Johnny E Awuy juga pernah diperiksa di Gedung Bundar Kejaksaan.

Tak puas dengan keterangan Eny, Imam berjanji akan mengupas tuntas soal uang Rp7 miliar tersebut kepada Wakil Bendahara Umum KONI Lina Nurhasanah yang masuk dalam daftar saksi di sidang selanjutnya.

Ali Mukartono  menegaskan akan menelusuri  ada tidaknya aliran dana Rp7 miliar untuk mengurus perkara Kemenpora di Kejagung, sebelum dirinya menjabat sebagai Jampidsus.

"Orangnya sedang dimintai keterangan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00