Covid-19 Ganggu Tahapan Pilkada? KPU: Semua Proses Masih Berjalan Sesuai Tahapan

KBRN, Jakarta: Menyikapi peminimalisiran penyebararan virus Corona atau Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengungkapkan bahwa belum memilih opsi penundaan terhadap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Melalui teleconference yang Reporter RRI terima, Ketua KPU RI, Arief Budiman mengatakan bahwa kendati di tengah wabah virus Covid-19 yang saat ini ditetapkan World Health Organization (WHO) berstatuskan sebagai pandemi, namun tahapan pelaksanaan Pilkada tersebut, masih berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

"Sampai saat ini KPU belum memiliki opsi penundaan tahapan, semua proses masih berjalan sesuai tahapan, program dan jadwal Pemilihan 2020," kata Ketua KPU RI, Arief Budiman, Senin (16/3/2020).

Lebih lanjut Arief menuturkan bahwa kebijakan tersebut diputuskan setelah para komisioner KPU RI melakukan rapat pleno pada hari ini. 

Selain dengan mengungkapkan bahwa dari hasil rapat pleno untuk belum beropsi menunda tahapan Pilkada, Arief juga menyatakan bahwa adanya rangkaian kegiatan KPU dengan adanya pengumpulan massa dalam jumlah yang banyak, diberbagai daerah untuk dilakukan penundaan, dan dijadwalkan ulang kembali hingga awal April mendatang.

"KPU telah melakukan rapat pleno dan memutuskan beberapa hal untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 tersebut. KPU juga mengintruksikan kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten atau Kota untuk menunda kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan massa dalam jumlah besar hingga 31 Maret 2020, dan dijadwalkan ulang mulai 1 April 2020, seperti Bimtek, pelatihan dan launching Pemilihan 2020," ungkapnya lagi.

Dengan telah diputuskannya oleh pemerintah untuk meminimalisir akan penyebararan virus Covid-19 dengan melakukan kegiatan dari rumah selama 2 pekan tersebut. Komisi Pemilihan Umum kata Arief, sangat berharap upaya pencegahan dapat berjalan secara efektif sehingga tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, juga dapat berjalan dengan baik, tanpa adanya penundaan.

"KPU berharap upaya pencegahan penyebaran Covid-19 selama dua minggu ini penanganannya berhasil dengan baik, sehingga tahapan Pemilihan 2020 dapat berjalan dengan baik," pungkas Ketua KPU RI Arief Budiman.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00