Imbas Covid-19, KPU Kota Bengkulu Tunggu Petunjuk Pusat Lantik 201 PPS

KBRN, Bengkulu : Lantaran mewabahnya pendemi corona virus atau Covid 19, meskipun sudah melakukan proses rekrutmen sebanyak 201 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 67 Kelurahan dalam Kota Bengkulu, namun pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu masih menunda jadwal pelantikannya.

“Sesuai Surat Keputusan (SK) KPU RI Nomor 179 tahun 2020, dan Surat Edaran (SE)KPU RI nomor 8 tahun 2020 tentang penundaan empat tahapan Pilkada. Salah satunya ditunda pelantikan serta penundaan masa kerja PPS. Itu dasar kami menundanya,” ungkap Komisioner KPU Kota Bengkulu Romi Sugara ketika dihubungi wartawan.

Dikatakan, dengan ditundanya pelantikan PPS tersebut, pihaknya masih menunggu instruksi lanjutan dari KPU RI. Begitu juga  untuk tahap verifikasi factual bagi kandidat calon perseorangan, kendati di Kota Bengkulu tidak ada Pilkada, dan untuk Pilkada Gubernur (Pilgub) juga tidak ada pasangan calon (Paslon)jalur perseorangan, sehingga tahapantersebut tidak begitu berpengaruh untuk kota.

“Memang beda dengan daerah kabupaten yang memang ada kandidat perseorangannya. Hanya saja, sesuai jadwal tahapan Pilkada serentak, dalam bulan ini kita juga akan mulai melakukan pemutakhiran data pemilih serta melakukan rekrutmen PPDP yang juga ditunda sesuai SE dan SK KPU RI,” jelasnya, Rabu (25/3/2020).

Secara terpisah, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra menyampaikan, saat ini memang pihaknya menunda pelantikan PPS diseluruh Kabupaten/Kota bagi yang belum dilantik, dan bagi yang sudah melantik PPS-nya, dinstruksikan untuk dilakukan penundaan masa kerja.

“Kita jadwalnya mulai tanggal 22 Maret ini adalah tahap pelantikan PPS. Di Bengkulu ada sebanyak 1.513 kelurahan desa, artinya jika dikalikan tiga, total ada 4.539 PPS se-Provinsi Bengkulu. Untuk itu, bagi beberapa daerah yang sudah menjadwalkan pelantikan PPS-nya, setelah dilantik langsung disampaikan penundaan masa kerja,” pungkas Irwan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00