PKS Akhirnya Kirim Perwakilan ke Panja RUU Ciptaker

KBRN, Jakarta: Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI akhirnya mengirimkan tiga perwakilannya ke Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law Ciptaker), setelah sempat tak mau ikut membahas. Mereka ingin mengkritisi dari dalam.

Wakil Ketua Fraksi PKS, Mulyanto berdalih dikirimnya tiga perwakilan itu karena PKS ingin mengawal pembahasan RUU Ciptaker sebagai penyeimbang dari pihak oposisi.

"RUU Ciptaker yang isinya berkaitan dengan 79 Undang-Undang perlu dikritisi sejak awal agar tidak menyimpang dan dimanfaatkan untuk kepentingan liberalisasi ekonomi nasional semata," katanya dalam keterangan yang disebarluaskan, Kamis (22/5/2020).

Perlu diketahui, tiga anggota Fraksi PKS yang dikirim ke panitia kerja RUU Ciptaker adalah Anies Byarwati, Bukhori Yusuf dan Ledia Hanifa. 

Kata Mulyanto, rapat Panja pekan ini melanjutkan pembahasan Omnibus Law RUU Ciptaker pada bagian Daftar Isian Masalah atau DIM. Tepatnya pada bagian konsideran, Bab I (Ketentuan Umum) dan Bab II (Maksud dan Tujuan). Kedua bab ini ditekankan dia sangat penting.

"Karena akan sangat mewarnai arah dan bunyi pasal-pasal pada 13 bab berikutnya," jelas Mulyanto. 

Fraksi PKS, tandas Mulyanto, ingin pembahasan RUU setebal 1.000-an halaman ini dilakukan secara objektif dan terbuka untuk kepentingan rakyat dan bukan untuk kepentingan investor asing. 

Pihaknya juga ingin memastikan bahwa RUU Omnibus Law ini benar-benar bermanfaat bagi semua pihak, baik untuk kalangan pekerja maupun para pengusaha. 

“Fraksi PKS ingin memastikan RUU berpihak kepada kepentingan nasional, memprioritaskan pembukaan lapangan pekerjaan untuk tenaga kerja Indonesia, bukan tenaga kerja asing, menjamin kedaulatan bangsa tidak tergadai dan memastikan RUU ini tidak melanggar Konstitusi,” tegasnya.

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00