Pandemi COVID-19, TMII Alami Kelangkaan Pakan Satwa

KBRN, Jakarta : Wabah pandemi global virus Corona jenis baru atau COVID-19 tidak hanya mengganggu kelangkaan bahan pangan manusia, namun juga mengganggu pakan dari hewan-hewan.

Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) melalui Manajer Unit Taman Burung dan Museum Komodo Taman Reptil TMII, Pitter Kombo mengatakan, setelah empat bulan pihaknya mengikuti anjuran pemerintah untuk menutup tempat wisata guna mencegah terjadinya penularan virus COVID-19, kini Pitter mengungkapkan bahwa, TMII mengalami kekurangan pakan untuk pemenuhan nutrisi satwa-satwanya.

"Ini merupakan bulan keempat, dimana kami terus mengikuti anjuran Pemerintah (menutup kawasan wisata), jadi dengan adanya pandemi ini tentu saja sangat-sangat berdampak sekali terhadap kami di Taman Mini. Oleh karena itu kami membuka donasi dalam bentuk pakan untuk tetap menjaga standar kesejahteraan satwa," kata Pitter dalam sambungan teleponnya kepada RRI, Jakarta (4/5/2020).

Bagi masyarakat yang hendak memberikan bantuan pakan untuk pemenuhan kebutuhan para satwa di Taman Mini, lebih lanjut Pitter menuturkan bahwa pihaknya juga bersedia jika dalam penyaluran bantuan pakan, harus melakukan penjemputan bantuan pakan dengan jenis yang beragam dan dengan sesuai kebutuhan satwa TMII tersebut.

"Kami siap menjemput bola (bantuan pakan), jikalau memang donasi pakan dalam jumlah yang cukup banyak. Kami terima jumlah berapapun, jenis apapun yang memang cocok untuk satwa kami saat ini," lanjutnya lagi.

Meski masih mengalami kekurangan pakan untuk satwa di TMII, Ia tak menepis akan banyaknya bantuan donasi pakan dalam bentuk kepedulian satwa-satwa di TMII, baik yang dikirimkan oleh para donatur maupun yang diterima melalui posko TMII.

Melihat akan jumlah satwa yang hingga ribuan namun Ia menyatakan bahwa bantuan pakan yang diterimanya hingga kini, masih belum mencukupi standar dan kelayakan untuk para satwa.

"Dalam bentuk pakan, bisa mengantar ke Taman Burung, Taman Mini Indonesia Indah atau sebelumnya dapat menghubungi kontak saya Pitter Kombo di 081310333952," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00