Fruit Punch Mojito Sedotan Lucu

Fruit Punch Mojito Sedotan Lucu, hadirkan keceriaan di tengah keluarga saat buka puasa (Dok. Istimewa/Rini)

KBRN, Jakarta : Ramadhan itu yang paling ditunggu adalah momen buka puasa. Apalagi di Indonesia, punya kultur yang berhasil membentuk identitas buka puasa itu banyak penjual takjil dan ngabuburit.

Ngabuburit atau mengabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada bulan Ramadhan. Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mencari takjil gratis, mendatangi pasar kuliner atau menghabiskan waktu di taman.

Tapi saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat wabah Corona ini, ngabuburit mencari takjil sepertinya belum terlalu bisa dinikmati masyarakat. Semua harus jaga jarak fisik dan sosial, menghindari kerumunan, agar tidak terjangkit virus Corona. Lantas bagaimana ini?

"Masih ada jalan lain. Artinya Bunda harus kreatif untuk menciptakan suasana ngabuburit di rumah," ujar Rini, seorang ibu rumah tangga kepada RRI, Minggu (10/5/2020).

Kediaman Rini ada di kawasan padat penduduk, Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara. Dan momen buka puasa biasanya ramai sekali. Pedagang takjil dan masyarakat membaur jadi satu. Dan suasana inilah yang hilang saat ini, ketika Ramadhan berada di dalam kurungan wabah Covid-19.

"Tidak usah takut atau terlalu khawatir dengan keadaan. Karena itu, ini ada resep minuman ringan yang bisa membawa keceriaan buat anak-anak di rumah dan anggota keluarga lainnya juga," kata Rini.

Fruit Punch Mojito Sedotan Lucu. Nah, itu dia namanya. Bunda di rumah tidak perlu repot-repot membuat ini. Minuman ini cukup glamour kalau di kafe-kafe, tapi kalau dibuat sendiri modalnya cukup ekonomis mengingat situasi sulit seperti sekarang.

Fruit Punch Mojito Sedotan Lucu

Dari namanya saja sudah terbayang kesegaran yang ditawarkan. Tapi, sebelum menyajikan ini, perlu diingat, berbuka puasa terlebih dahulu dengan teh manis atau sejenisnya. 

Atau bisa juga jika langsung berbuka dengan lontong atau gorengan, baru bisa menikmati minuman fruit punch mojito sedotan lucu. Kenapa demikian?

"Karena ada soda. Takutnya perut belum terbiasa," imbuhnya.

Fruit Punch Mojito Sedotan Lucu saat belum dimasukkan sedotan (Dok. Istimewa/Rini)

Berikut cara pembuatannya:

1. Siapkan sirup fruit punch atau campuran nanas, mangga, strawberry dan jeruk. 

2. Siapkan gelas.

3. Isi gelas dengan es batu sampai penuh.

4. Siapkan ziger (alat ukur).

5. Siapkan selasih.

6. Siapkan soda.

Catatan penting untuk diingat, sirup yang digunakan bisa merek apapun, asal memang itu jenisnya fruit punch atau campuran empat buah, nanas, mangga, strawberry dan jeruk. Sedangkan soda, bisa juga langsung menggunakan sprite.

Setelah semua siap, kemudian tuangkan sirup ke dalam gelas menggunakan ziger dengan takaran sekitar 40 ml. Selanjutnya tuangkan soda ke dalam gelas sampai penuh atau sekitar 200 ml. Berikutnya masukkan selasih secukupnya sebagai topping. Sebagai pengganti selasih, boleh menggunakan manohara, jelly, atau yang lainnya.

"Begitu pencampuran semua bahan selesai, masukkan sedotan lucu kemudian sajikan di atas meja. Anak-anak di rumah pasti senang, warna sirup yang terang, ada topping selasih atau mungkin jelly. Ditambah sedotan lucu, itu daya tarik buat menambah keceriaan. Hidup sudah sulit sekarang, Bunda harus bisa menjaga suasana teduh di dalam rumah. Salah satunya dengan Fruit Punch Mojito Sedotan Lucu. Selamat mencoba," demikian Rini mengakhiri tips kuliner minuman ringan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00