Aplikasi "My Doctor Pertamina” Kembali Raih Rekor MURI.

KBRN Semarang – Sebagai bentuk kepedulian di bidang kesehatan, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV Area Jateng dan DIY kembali meraih Rekor MURI atas inovasinya dalam memberikan layanan kesehatan bagi pekerja di lingkungan Pertamina MOR IV melalui aplikasi berbasis mobile yaitu “Mydoctor Pertamina”. Penghargaan Rekor MURI tersebut diberikan langsung oleh pihak MURI kepada General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian, di sela kegiatan “healthy talk BBM – Bincang-bincang Menarik” bertempat di Kantor Pertamina MOR IV pada Jumat (22/11/2019).

 

Sebelumnya, aplikasi “Mydoctor Pertamina” mendapatkan penghargaan yang sama di tahun 2018 sebagai aplikasi mobile kesehatan perusahaan pertama yang hadir di Indonesia dan merupakan fasilitas yang diberikan perusahaan bagi pekerjanya untuk mendekatkan layanan kesehatan kapada seluruh pekerja pertamina khususnya MOR IV tutur General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian.  Kali ini, Aplikasi “Mydoctor Pertamina” mendapatkan penghargaan dari MURI sebagai aplikasi kesehatan pekerja melalui mobile phone pertama di lingkungan perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang minyak dan gas. Menurut Iin, tantangan perusahaan minyak dan gas seperti Pertamina adalah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin pekerja secara berkala yang sulit dilakukan karena dinamika pekerjaan yang intensitasnya tinggi. "Kesibukan pekerja terutama yang bertugas di lapangan membuat mereka sulit meluangkan waktu untuk bertemu dokter yang berada di klinik atau pos kesehatan setempat. Oleh sebab itu, penyediaan aplikasi “My Doctor Pertamina” ini menjadi solusi bagi para pekerja kami untuk menunjang kesehatan mereka” ujar Iin.

 

General Manager Pertamina MOR IV meminta, karyawan atau mitra kerja Pertamina, jika kurang bugar, ngantuk, lelah harus istirahat, mereka tidak di perbolehkan kerja. Selain itu mitra kerja pertamina dalam bekerja harus kondisi fit dan bugar, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik, dan menghindarkan  kecelakaan atau fatality.

 

Dengan tagline "Bring Doctor In Your Hand", aplikasi “MyDoctor Pertamina” memiliki fitur utama berupa online consultation dengan dokter perusahaan dan emergency serviceI atau jasa pelayanan darurat. Selain itu terdapat pula beberapa fitur tambahan seperti informasi kesehatan, kalkulator untuk meprediksi kemungkinan penyakit kardiovaskuler, kalkulator BMI, informasi benefit kesehatan serta fitur relaksasi yang berisi humor-humor ringan untuk melepas stress.

 

Dijumpai di acara yang sama, Unit Manager Comm & CSR MOR IV, Anna Yudhiastuti mengatakan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pertamina untuk terus menjaga dan meningkatkan kesehatan pekerjanya. “Harapan besar kami tentunya program atau aplikasi seperti ini dapat disebarluaskan ke perusahaan lain dalam rangka mendukung nawacita nasional yaitu meningkatnya kualitas hidup manusia di Indonesia dapat terwujud”, tutur Anna.

 

Sementara itu Area Manager  Medical MOR IV Dokter Sari Kusumaninggar menyatakan, untuk fitur fitur dalam aplikasi  “My Doctor Pertamina”, meliputi karyawan atau mitra kerja Pertamina langkah awal untuk melakukan kunsultasi dengan dokter keluarga PT. Pertamina, medical Check Up dan pengukuran tingkat stress, setelah dianalisa terdapat saran terhadap pasien. “ dilakukan pengukuran tingkat stress, terus  dianalisa, selanjutnya terdapat saran uktuk pasien”.

Selanjutnya mengukur serangan stroke di lima tahun dan sepuluh tahun kedepan, dengan memasukkan data data medis yang telah di sampaikan. Selain itu pihaknya telah melakukan fasilitasi akses ke rumah sakit yang menjadi mitra PT. Pertamina,  yang telah berintegrasi. Jika terdapat karyawan atau mitra kerja Pertamina dapat memilih rumah sakit yang terdekat dan memilih rumah sakit sesuai dengan kondisi penyakit calon pasien tutur Sari. (Dars).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00