Negara Hadir Buat Kusir Delman dan Pengemudi Bajaj

Penyerahan bantuan sosial Kementerian Sosial RI kepada para kusir delman (Dok. Istimewa/Humas Kemensos RI)

KBRN, Jakarta : Pemerintah terus menyisir kelompok masyarakat terdampak Covid-19. Termasuk dua kelompok yang rentan terdampak yaitu kusir delman dan pengemudi bajaj.

Untuk keperluan itu, hari ini Kementerian Sosial melalui Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial mendistribusikan bantuan sembako dengan target kusir delman dan pengemudi bajaj.

Sebagaimana diketahui, delman di DKI Jakarta lebih banyak beroperasi atau melayani penumpang di lokasi wisata.

Dengan pengaturan interaksi masyarakat melalui penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta, banyak lokasi yang dibatasi atau ditutup, termasuk salah satunya lokasi wisata.

Hal ini mengakibatkan kusir delman kehilangan konsumen dan pendapatan. Hal yang kurang lebih sama juga dialami pengemudi bajaj.

Penasehat DWP Kemensos RI Grace P. Batubara saat penyerahan bansos (Dok. Istimewa/Humas Kemensos)

Melalui Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sosial RI, disalurkan sebanyak 80 paket sembako kepada Komunitas Kusir Delman.

Bantuan diserahkan secara simbolik oleh Penasehat DWP Kemensos RI Grace P. Batubara, di Pos RW 07, Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara.

Kemudian untuk Komunitas Bajaj, diserahkan sebanyak 286 paket sembako, di Bengkel Bajaj kawasan Jalan Damai, Cipete Utara, Jakarta Salatan.

Dalam sambutannya, Grace menyatakan bahwa bantuan sembako yang disalurkan merupakan bagian dari bukti kehadiran negara. Pandemi Covid-19 telah membuat masyarakat dengan level ekonomi bawah, mengalami beban kehidupan lebih berat. 

Oleh karena itu, negara melalui Kementerian Sosial coba mengatasi dampak pandemi dengan mengembangkan program jaring pengaman sosial.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, negara harus hadir pada saat rakyat menghadapi bencana. Bantuan sembako untuk meringankan beban kehidupan bapak dan ibu, dan juga untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Semoga pandemi cepat hilang, sehingga kita bisa beraktivitas sebagaimana semula,” kata Grace. 

“Sebelumnya, kami sudah menyalurkan untuk berbagai kelompok masyarakat. Di antaranya pengemudi ojol, taksi, seniman, dan pengamen jalanan. Saat ini tiba giliran sembako untuk kusir delman dan pengemudi bajaj,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00